MAHILLAH dari AL-HADYU itu dimana?

Leave a comment

June 10, 2023 by Islam saja

Salaamun ‘alaikum.

MAHILLAH dari Al-Hadyu itu di DALAM atau di LUAR Ka’bah? (Update tgl. 10 Juni 2023)

Menyambung artikel saya sebelumnya terkait MANSAKAN di link: https://muslimsaja.wordpress.com/2019/09/06/mansakan-di-dalam-haji-vs-kurban-syukur-bakaran-di-buku-perjanjian-lama/

Terhadap ayat 22:33 berikut:
لَـكُمْ فِيْهَا مَنَا فِعُ اِلٰۤى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ مَحِلُّهَاۤ اِلَى الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ
“Bagi kamu padanya (hewan hadyu) ada beberapa manfaat sampai waktu yang ditentukan kemudian, MAHILLAH-nya adalah sampai di Baitul ‘Atiq (Baitullah).”
(QS. Al-Hajj 22: Ayat 33)

Saya masih belum menemukan jejak sejarahnya di khasanah Islam, apakah mahillah dari al-hadyu ini di DALAM atau di LUAR atau di DEKAT Ka’bah.

Namun masih ditemukan jejaknya di PL bahwa korban bakaran atau korban syukur itu adalah di DALAM Bait Allah. Ini jika kita asumsikan bahwa perintah penyembelihan korban bakaran/ korban syukur di PL itu mirip dengan perintah penyembelihan al-hadyu di alquran.

2 Tawarikh 24:

  1. Maka segala tukang pun bekerjalah dan segala yang rusak pun dibaiki oleh pekerjaan tangan mereka itu, dan ditetapkannya bait-Ullah itu pada tempat kedudukannya yang tentu, dan dijadikannya teguh-teguh.
  2. Setelah habis sudah pekerjaan itu, maka dibawa mereka itu lebihnya segala uang itu ke hadapan baginda dan Yoyada, maka dari pada uang itulah diperbuatkannya beberapa perkakas bagi rumah Tuhan, yaitu perkakas yang terpakai kepada khidmat, dan kepada persembahan korban dan beberapa bokor dan benda yang lain-lain dari pada emas dan perak; maka senantiasa dipersembahkannya korban bakaran di DALAM rumah Tuhan sepanjang umur hidup Yoyada.

Lalu di Ezra 6 dan 7 dikisahkan juga mengenai pembangunan Rumah Allah dan pengunaannya:

7:17 maka oleh karena itu haruslah engkau dengan seksama memakai uang itu untuk membeli lembu-lembu jantan, domba-domba jantan, anak-anak domba dengan korban sajiannya dan korban curahannya, dan haruslah semuanya itu kaupersembahkan di atas mezbah di rumah Allahmu yang ada di Yerusalem
https://alkitab.sabda.org/bible.php?book=15&chapter=6#7

Jadi, menurut kesimpulan saya, MAHILLAH di alquran itu tidak lain adalah MEZBAH di PL dan itu diletakkan di DALAM Bait Allah/ Ka’bah. Namun di pasal 2 Tawarikh 15, MEZBAH itu diletakkan di DEPAN Bait Allah.
https://alkitab.sabda.org/bible.php?book=14&chapter=15#8

Perlu dijadikan pertimbangan juga, bahwa kalau orang Indonesia ditanya: Sudah SAMPAI rumah apa belum? Kalau jawabannya “sudah”, itu umumnya bermakna sudah sampai di DALAM rumah. Nah apakah ILA dalam bahasa Arab juga bermakna demikian?

Makna kata اِلَى yang saat sudah saya temukan di kamus bhs Arab Lane lexicon online:

  1. Menuju atau sejauh.

Makna ini biasanya diawali dengan من, contohnya مِنَ المَسْجِدِ الحَرَامِ إِلَى المَسْجِدِ الأَقْصَى yang artinya dari masjidil haram menuju ke masjidilaqsa.

  1. Ujung atau akhir dari tempat atau waktu.

Yaitu setelah sampai di tempat tersebut atau setelah masuk di waktu tersebut, misalnya أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ, sehingga puasanya dilaksanakan sampai malam.

  1. Seperti مع, yaitu sesuatu yang bergabung/ menjadi satu dengan sesuatu lainnya.

Misalnya وَلَا تَأْكُلُوْۤا اَمْوَا لَهُمْ اِلٰۤى اَمْوَا لِكُمْ yang artinya : “jangan kamu makan harta mereka bersama harta kalian” dan وَإِذَا خَلَوْا إِلَى شَيَا طِينِهِمْ, yang maksudnya: “dan jika kembali bergabung dengan syaitan-syaitan mereka”

Silakan dibaca di link http://lexicon.quranic-research.net/data/01_A/126_Alw.html

Dengan demikian, kalau diambil makna yang ke 3, maka mahillah dari alhadyu itu di DALAM ka’bah.

Kalau anda menemukan laporan sejarah terkait mahillah ini di khasanah Islam, silakan di-share di kolom komentar.

Allahu a’lam

Leave a comment

Kategori Bahasan

File