BAB XII. BUKTI IJMA’ ADANYA MAHDI

Leave a comment

May 25, 2011 by Islam saja

BAB XII

BUKTI KONSENSUS (IJMA’)

Setelah bukti secara filosofis (rasional), secara tradisional (disampaikan), secara historis dan keajaiban, ada juga bukti konsensus (Ijma’) yang ditunjukkan oleh sebagian dari mereka yang percaya pada teori keberadaan Muhammad bin Hassan Askari dan kelahirannya.

Orang pertama yang menunjukkan bukti adanya konsensus ini adalah Sa’ad bin Abdullah Ash’ari al-Qummi di dalam ‘Al-Maqalat wa al-Firaq’, hal.106.

Syekh Saduq telah melaporkan dari Nubakhti bahwa: keseluruhan Syi’ah sudah menyetujui (sudah mencapai suatu konsensus), bahwa Imam Hassan Askari telah meninggalkan suatu isu tentang siapa yang menjadi Imam pengganti. Ia berkata bahwa: “Siapapun yang percaya Imamah dari sebelas Imam dari nenek moyang Qa’im, adalah wajib bagi dia untuk menerima Imamah dari yang ke-12, atas dasar dalil dari nenek moyangnya yang berisi nama dan garis keturunannya dan konsensus keseluruhan Syi’ah atas kepercayaan Imamahnya. Ia adalah Qa’im yang akan muncul setelah keghoiban yang sangat panjang. Ia akan mengisi bumi dengan keadilan dan persamaan. (Ikmal al-Din, hal. 44 dan 93).

Inilah apa yang hari ini datang pertama kali pada pikiran seseorang, ketika banyak orang Syi’ah 12-Imam berpendapat bahwa isu keberadaan Imam Mahdi Muhammad bin Hassan Askari adalah salah satu dari isu yang sudah menjadi konsensus pendapat di kalangan Syi’ah 12-Imam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kategori Bahasan

File

%d bloggers like this: